Batan Mengkonfirmasi Peningkatan Radiasi di Tangsel

Tangselkita.com, M Sholahadhin Azhar – 15 Februari 2020 10:22 WIB Batan Mengkonfirmasi Peningkatan Radiasi di Tangsel Sebidang tanah dengan peningkatan radiasi di Kompleks Perumahan Atom Nasional (Batan) mengkonfirmasi paparan radiasi yang meningkat di Perum Batan Indah, Tangerang Selatan. Kepala Biro Hukum, Kerja Sama, dan Komunikasi Publik Bapetan, Indra Gunawan meminta masyarakat tak khawatir dengan hal tersebut.

“Tidak usah panik, tak perlu evakuasi. Ini paparannya terkendali oleh tim Bapeten (Badan Pengawas Tenaga Nuklir) dan Batan,” kata Indra kepada Rekan Media, Sabtu, 15 Februari 2020.BERITA TERKAIT
Luhut Ingin Indonesia Garap Senjata Nuklir

Luhut Ingin Indonesia Garap Senjata Nuklir Menteri ESDM Kaji Biaya Pengembangan Pembangkit Nuklir. Menteri ESDM Kaji Biaya Pengembangan Pembangkit Nuklir Paus Fransiskus Serukan Penghentian Senjata Nuklir di Jepang

Paus Fransiskus Serukan Penghentian Senjata Nuklir di Jepang Menristek Dorong Batan Siapkan Teknologi PLTN Menristek Dorong Batan Siapkan Teknologi PLTN  RUPSLB Tunjuk Arcandra Tahar Jadi Komisaris PGN RUPSLB Tunjuk Arcandra Tahar Jadi Komisaris PGN

Menurut Indra, peneliti telah melokalisasi kawasan terpapar radiasi di kompleks Batan Indah. Tim juga telah menemukan sumber radiasi di sana. Material berbentuk serpihan itu sudah diangkat dan dibawa ke laboratorium forensik Batan.

Batan Mengkonfirmasi Peningkatan Radiasi di Tangsel

Namun demikian, Indra meminta masyarakat tak mendekati lokasi terpapar radiasi. Sebab saat ini, paparan radiasi belum normal. Tim di lapangan masih mengeruk tanah yang terpapar dan mengukur radiasi ke dalam.

“Hot spot terkendali sudah diberi police line 10 x 10 meter. Paparan di luar lokasi cenderung normal,” kata Indra.

Dia bersyukur paparan radiasi terletak di kompleks perumahan Batan. Karena yang menghadapi radiasi merupakan keluarga dari pegawai Batan, yang memahami cara menghadapi hal semacam ini.

“Jadi lebih mudah juga bagi kami untuk menginformasikan,” kata dia.

Paparan radioaktif ditemukan pada akhir Januari 2020. Kala itu, Bapeten melaksanakan pengujian tingkat radioaktif di wilayah Tangsel menggunakan alat RDMS-MONA. Dari hasil pengujian pada beberapa lokasi tersebut ditemukan peningkatan radioktifitas di Perum Batan Indah Kel./Kec. Setu Kota Tangsel.

Saat ini, Batan dan Bapeten berkoordinasi menyelidiki asal dan pembawa material radioaktif itu. Berikut melakukan sosialisasi menyangkut dampak radiasi pada masyarakat.

Sumber / Adn / Farhat M

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply