Komuter tak kalah pagi dari kokok ayam

Tangselkita.com, Ungkapan “rezeki dipatok ayam” mestinya tak berlaku untuk mereka yang beraktivitas tak kalah pagi dari kokok ayam. Data mengungkap, komuter dari luar Ibu Kota mayoritas berangkat lebih pagi, sebelum pukul 07.00 WIB.

Menurut BPS, 3,2 juta penduduk Jabodetabek berstatus komuter. Jabodetabek meliputi DKI Jakarta, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Bekasi, dan Kota Bekasi.

Data Statistik Komuter Jabodetabek 2019 itu beralasan, mereka berkegiatan di luar kabupaten/kota tempat tinggal. Artinya para komuter secara rutin pergi dan pulang (PP) ke tempat tinggal pada hari yang sama.

Puncak keberangkatan para komuter dari luar DKI Jakarta terjadi pada pukul 06.00 hingga 07.59. Di jalanan, pada jam yang sama, tengah dipadati sepeda motor dan mobil baik milik pribadi maupun sewaan. Penumpang kereta dan bus pun berdesakan.

Paling tidak sepertiga (30,3 persen) komuter menempuh jarak 10 hingga 20 kilometer menuju tempat kegiatan. Makin jauh jarak dari rumah ke tempat beraktivitas, makin pagi pula waktu keberangkatan. Terlambat sedikit saja bisa berarti bencana.

Lain halnya komuter yang bermukim di Jakarta, kebanyakan baru keluar pintu rumah setelah pukul 07.00. Beruntunglah para komuter yang punya kemewahan untuk berangkat di atas pukul 08.00, apalagi setelah pukul 09.00. Jalanan lengang, transportasi umum pun lebih nyaman.

Yuk kita klik dan share poling pemilihan Cawalkot Tangsel!

http://pollingkita.com/polling33437-polling

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply