Perpanjangan Jalur MRT Hingga Tangsel Diperkirakan Butuh Rp 20 Triliun

Tangselkita.com, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mengusulkan rute Moda Raya Terpadu (MRT) diperpanjang hingga kawasan Tangerang Selatan. Usulan tersebut pun telah masuk dalam Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ) 2018.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (BKS) menyebutkan bahwa saat ini pihaknya sedang mencari dana untuk proyek tersebut. “(Dalam) RITJ sudah masuk, tapi kami lagi teken tentang pendanaan. Saya harapkan ada KPBU (kerjasama pemerintah dan badan usaha),” terangnya di Hotel Le Meridien, Jakarta, Selasa (4/2).

Untuk menarik para investor menanamkan modalnya, Budi mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan rencana yang lebih konkret. Salah satunya adalah dengan skema pembangunan transit oriented development (TOD) yang terintegrasi dengan angkutan massal lainnya. Ia memperkirakan perpanjangan jalur ini nantinya akan memakan dana Rp 800 miliar hingga Rp 1 triliun per kilometer (Km).

“Kalau jalan MRT itu kira-kira 1 Km itu Rp 800 miliar sampai Rp 1 triliun. Kalau di Tangerang ada 20 Km panjangnya, ya jadi Rp 20 triliun,” jelas Budi.

Pada kesempatan sama, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengatakan bahwa perpanjangan jalur ini masih dalam tahap pre-feasibility study (studi kelayakan). Rencananya proyek itu akan dimasukkan ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). Jika hal itu terealisasi, maka pembangunan MRT Tangerang bisa direalisasikan lebih cepat.

“Ya, tergantung kementerian, nanti akan ada asistensi dari Bappenas dan kementerian serta lembaga terkait. Kami akan lakukan konsep yang disampaikan Pak Menteri soal KPBU, karena begitu besar pembiayaannya,” ungkapnya.

Rute yang akan dilalui oleh MRT mulai dari Lebak Bulus, Ciputat, Pamulang, Puspitek dan terakhir Rawa Buntu. Akan tetapi, rute tersebut bisa berubah, sebab masih dalam pengkajian lebih lanjut.

Yuk kita klik dan share poling pemilihan Cawalkot Tangsel!

http://pollingkita.com/polling33437-polling

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply