Pertama Dalam Sejarah, Indeks Pembangunan Manusia Indonesia Masuk Kategori Tinggi Perjalanan Konkret Menuju SDM Unggul

Oleh : Sasmithadewi (Pengamat Ekonomi)

Bangsa Indonesia terus melanjutkan prestasinya menuju kemajuannya. Setelah tahun lalu mampu untuk pertama kalinya dalam sejarah menurunkan tingkat kemiskinan di Indonesia hingga tinggal satu digit (9,8 persen).

Kemarin, Selasa (11/12/2019) UNDP mengumumkan Indonesia berada dalam kategori Negara dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kategori tinggi, dengan nilai IPM 0,707 pada tahun 2018.

FYI, Sebuah Negara dikategorikan memiliki IPM tinggi ketika nilainya minimal 0,700.

Pada 2017, IPM Indonesia hanya 0,694, sehingga Indonesia masih dikategorikan sebagai negara dengan IPM Menengah. Sejak IPM diluncurkan tahun 1990, baru hari ini Indonesia tergolong sebagai negara dengan kategori IPM tinggi.

Bila dibandingkan tahun 1990 (IPM Indonesia 0,525), IPM Indonesia tahun 2019 sudah naik 34,6 %. Sebuah pencapaian yang patut disyukuri dan dipahami sebagai upaya serius negara dalam mengangkat kualitas hidup dan Sumber Daya Manusianya.

IPM sangat erat kaitannya dengan kualitas SDM suatu negara. Indikator IPM misalnya terdiri dari Angka Harapan Hidup, Pendapatan nasional bruto per kapita, harapan lama sekolah, dan rata-rata lama sekolah.

Dari semua komponen itu, sejak 1990 semuanya menunjukkan peningkatan yang nyata.

Angka harapan hidup misalnya, kini mencapai 71,5 tahun, setelah sebelumnya tahun 1990 angka harapan hidup rakyat Indonesia hanya 62,3 tahun.

Pun demikian dengan rata-rata lama sekolah yang kini ada di angka 8 tahun, setelah sebelumnya di tahun 1990 hanya 3,3 tahun. Peningkatan itu tidak tercapai tanpa upaya memperluas akses pendidikan kepada rakyat.

Pendidikan yang didorong tidak hanya dinikmati oleh golongan masyarakat ekonomi mampu (contoh Program Kartu Indonesia Pintar, pemberian beasiswa pendidikan tinggi, penyebaran guru ke daerah tertinggal, dll.)

Capaian Indonesia yang kategori IPM nya termasuk tinggi di dunia seolah memberikan gambaran bahwa pemerintahan Presiden Jokowi di periode pertama telah berhasil memberikan pondasi guna peningkatan kualitas SDM Indonesia ke depan.

Dengan berbagai kebijakan Presiden Jokowi di periode kedua yang menitikberatkan terhadap pembangunan SDM, maka visi bahwa manusia Indonesia menjadi manusia yang unggul dan dapat bersaing di pentas internasional, bukanlah khayalan belaka.

Maju terus bangsaku

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply