Pengembalian Uang di SDN Pondok Pucung 02 Tidak Mengilangkan Tindak Pidananya

Dugaan tindak pidana Korupsi yang terjadi di SDN Pondok Pucung 02 terbukti dengan adanya pengembalian uang yang dilakukan pihak sekolah kepada wali murid, namun perlu adanya langkah tindak lanjut dari masyarakat untuk memantau apakah benar dikembalikan atau tidak.

Dengan adanya pengembalian tersebut membuktikan bahwa ada tindak pidana korupsi yang terjadi sesuai dengan Undang-undang 30 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi dengan merujuk Pasal 2 dan 3 dengan ancaman pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 20 tahun dan atau denda paling sedikit  50 juta rupiah dan maksimal 1 miliar.

Tentu catatannya bagi para penegak hukum baik Kejari Tangsel maupun Polres Tangsel harus tetap memproses kasus ini sekalipun benar adanya pengembalian uang. Karena dalam Undang-undang 30 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi pasal 4 dinyatakan antara lain bahwa pengembalian kerugian keuangan negara atau perekonomian negara tidak menghapuskan dipidananya bagi pelaku dijelaskan bahwa “Dalam hal pelaku tindak pidana korupsi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 dan pasal 3 telah memenuhi unsur-unsur pasal dimaksud, maka pengembalian kerugian keuangan negara atau perekonomian negara, tidak menghapuskan pidana terhadap pelaku tindak pidana tersebut.

Komitmen Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam menyelesaikan kasus yang diawali dengan pemecatan Guru Honorer bernama Rumini yang ingin membongkar kasus Pungli ini seakan setengah hati, sekalipun temuan inspektorat terbukti Sekolah SDN 02 Pondok Pucung melakukan dugaan pungli namun sejauh ini tidak ada yang diberi sanksi baik kepala sekolah, guru yang terlibat bahkan di tingkat Dikbud Tangsel sendiri. Persoalan tersebut seharusnya menjadi momentum untuk menunjukan komitmen pemberantasan korupsi pada sektor Pendidikan. Bukan malah sebaliknya seolah menutupi kasus tersebut, masyarakat akhirnya akan dapat menilai pejabat di Tangsel pro terhadap Pemberantasan korupsi atau Tidak.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply