Bapeten : Zat Radioaktif di Tangsel Bukan Nuklir Bocor

Tangselkita.com, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) memastikan paparan radiasi zat radioaktif yang ditemukan di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan bukan disebabkan kebocoran fasilitas milik Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan).

Lokasi penemuan zat radioaktif di Tangerang Selatan. Kepala Biro Hukum, Kerja Sama, dan Komunikasi Publik Bapeten, Indra Gunawan mengatakan melalui WhatsApp kepada TangselKita.com ,pihaknya masih mendalami penyebab ditemukannya radiasi zat radioaktif di lokasi tersebut. Ia menduga paparan yang ditemukan dalam sepetak tanah kosong itu dibuang oleh seseorang.

Pasalnya, lokasi itu berada jauh dari fasilitas yang dimiliki Batan.

“Jadi, intinya, perlu ditegaskan bahwa ini bukan kebocoran bukan juga kejatuhan (satelit) atau fallout. Semata-mata ini ada yang meletakkan, menaruh, membuang, atau apa pun namanya. Kami akan investigasi lebih lanjut,” kata Indra , Sabtu (15/2).

lokasi paparan zat radioaktif berada di sebidang tanah kosong di Jalan Blok H, I, J kompleks Perumahan Batan Indah. Titik radiasi itu kini sudah diberi garis pembatas milik Batan dalam radius 10 meter.

Indra meminta warga agar tak melewati garis pembatas dan bermain di sekitar lokasi. Permintaan ia sampaikan demi menghindari paparan radiasi secara langsung.

Indra mengungkapkan, hingga kini Bapeten dan Batan masih melakukan pengerukan tanah dan mengambil pohon yang sudah dipastikan terkena paparan. Hal itu dilakukan untuk mengurangi tingkat paparan radiasi.

Namun, pihaknya belum bisa menyebut angka tingkat radiasi hasil pengerukan yang sudah dilakukan selama dua hari itu. Sebelum dilakukan pengerukan, Indra mengatakan tingkat paparan radiasi mencapai angka 100-200 mili rad. Angka itu jauh dari batas normal radiasi zat radioaktif yang bisa diterima manusia, yang hanya 0,2 mili rad.

“Sejauh ini bisa ditangani dengan baik oleh Tim Gabungan Bapaten Batan
Sekarang sedang ada pertemuan dengan warga di Balai RW Batan Indah untuk menjelaskan lebih lanjut penanganan temuan ini.” Jelasnya

“Prinsipnya warga silahkan tetap beraktivitas dengan normal hanya tidak boleh masuk ke garis batas keselamatan yang sudah kami pasang.” pungkasnya

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply